Selasa, 07 Februari 2012

Gosip & Fakta : RANTAI KENDUR HAUS BBM


Sering kali motormania mengabaikan kekencangan rantai roda. Padahal, kalo lama dibiarkan malah akan bikin umur pakai rantai jadi pendek atau bisa juga malah membuat baret swing arm. " Lebih parahnya lagi, bisa menyusahkan. Dikarenakan kendur, rantai bisa lolos dari gir belakang. Repot deh," ujar seorang mekanik bengkel umum di Meruya, Jakbar.

Selain itu, diklaim bahwa dengan membiarkan rantai motor dalam keadaan kendor, bisa bikin tuh motor minum bensinnya lebih banyak. Tentu saja kalau hal itu dibandingkan dengan motor yang kekencangan rantainya terjaga. Nah seperti biasa, kalau hanya omongan saja tanpa bukti sudah tentu keabsahannya masih perlu dipertanyakan. Biar gak terus-terusan tanya fenomena rantai kendur bikin boros itu gosip atau fakta, maka sekarang dilakukan pembuktian nih.


Metodenya, pemakaian langsung di jalan. Di mana Suzuki thunder 125 yang setingan rantainya bikin kendur, dipakai jalan sejauh 20 km dengan pengendara berbobot 75 kg. Untuk kecepatannya dipatok gak lebih dari 50 km/jam. Sementara untuk mengukur pemakaian bensin selama perjalanan, digunakan alat infus yang diisi bensin sebanyak 500 ml.

Dari hasil tes, pemakaian bensin pada Thunder yang rantainya kendur sebanyak 485 ml. Dengan perhitungan sederhana, didapat 1 liter bensin bisa dipakai sejauh 41,24 km. Lalu pengetesan dengan kondisi rantai sudah disesuaikan standar kekencangannya. Sisa bensin ditabung infus setelah dituang dalam gelas ukur adalah sebanyak 30 ml (terpakai 470 ml). Dari situ bisa dipakai sampai 42,55 km dan baru mogok.

Dengan selisih yang 1,31 ml, faktanya adalah benar adanya bila rantai kendur bisa bikin boros.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar