Jumat, 16 Desember 2011

SUBTITUSI KAMPAS REM SUPRA X 125 BUAT SATRIA F150, GAK ADA BEDANYA

Ternyata kanvas rem belakang Supra X125 model cakram sama dengan Suzuki Satria F150. Seperti pengalaman Rio Purnomo, warga Joglo, Jakarta Barat. Dia pasang punya Supra X125 di bebek Hyperunderbone itu.

Bentuk, ukuran dan bahan sama


Rio punya alasan kuat, ketika melacak komponen bebek Suzuki itu susah ditemui. Kebetulan ada bengkel yang menawari punya bebek Honda 125 cc. Secara bentuk sama koq, karena kepala babi atau kaliper bentuknya sama. Apalagi sama-sama satu piston dan satu merek. Jelas Hasan, mekanik Hasan Motor dari Jl. Kelapa Dua Rata No.7, Jakarta Barat itu.

Selain bentuknya sama, materila kampas rem belakang Satria dan Supra X125 sma koq. "Kualitasnya bisa dicoba, sama-sama kuat". Jelas Hasan yang dulunya mekanik Tapi, walau bahan sama namun berbeda harga. Kalau punya Satria lebih mahal. Buat Satria harganya Rp 60.000, sedangkan punya Supra X125 harganya hanya Rp 37 000. Bisa jadi lebih murah karena beda pabrikan.

Suzuki itu. Untuk pemasangan ulang, Hasan memberkan contoh di motor Fadil. Sebelum dibongkar, siapkan perkakas yang diperlukan. "Seperti kunci L5, obeng min dan kunci ring 12", ungkap Hasan yang spesialis Suzuki Satria F sejak dulu itu.

Pertama, lepas baut 12 pegangan kenalpot pakai kunci ring, lalu buka baut L5 pengancing kampas di kaliper."Congkel kampas pakai obeng min agar mudah dilepas. Setelah itu baru pasang yang baru deh. Jangan lupa pasang kembali baut-baut yang telah dilepas tadi.

Source: motorplus-online.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar