Senin, 12 Desember 2011

Masalah Karbu Yamaha Mio


Karburator Yamaha Mio
Sepeda motor mioku mengalami masalah pada performa mesinya. Gejala-gejala yang sering muncul yaitu ketika digunakan naik tidak kuat, dan pada keadaan tertentu tiba-tiba mesin drop, bahkan ketika putaran rendah digas besar bisa mati total. Terkadang mesin pada putaran tinggi tiba-tiba seperti kekurangan bensin. Tapi kadang pada putaran putaran tertentu seperti normal tapi dengan segera cepat kembali bermasalah seperti semula seperti bensin tidak ngisi ke karbu.


Analisa.
Dari gejala-gejalanya bisa di duga masalahnya di pasokan bensin. Tapi semua itu harus dibuktikan. Hal termudah kita cek kondisi busi. Dari hasil bacaan hasil pembakaran dibusi terlihat bahwa masalahnya bukan pada campuran bensinya. Namun pasokannya yang kurang lancar.

Ada beberapa komponen yang perlu dicek pada kondisi seperti ini :
  1. Klep vakum bensin (perlu diketahui bahwa mio menggunakan klep vakum) jika bermasalah akan menyebabkan masalah semisal berdasarkan pengalaman
  2. Jarum pelampung bensi juga bisa dicurigai
  3. Membran skep vakum karbu
  4. Spuyer karburator yang sering kotor
  5. Dan berbagai kemungkinan yang lain
Membran Skep Vacum Karburator
Hmm langsung saja sebenarnya ini analisa yang membutuhkan dana, tapi anda bisa langsung mengetahuinya langsung saja ilmu saya bagikan.

Sebelum saya menemukan masalah saya lakukan beberapa treatment :
  1. Saya lakukan penyetelan awal di 4 lokasi diatas tapi hasilnya gak ada perubahan.
  2. Mengganti klep vakum bensin yang memang sudah mulai rusak (seperti yang saya katakan tadi memungkinkan sebegai penyababnya). Namun hasilnya masih nihil.
  3. Akhirnya dengan insting dan pengalaman yang saya miliki, kecurigaan mengarah kepada membran skep vakum karbu. Dan langsung saya ganti dengan komponen orisinal  dan dicoba ternyata masalah tersebut hilang semua tuntas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar