Kamis, 03 November 2011

Yamaha RZ-R: GANTI SENDIRI PELAT KOPLING RZ-R

Bila kopling Yamaha RZ-R anda sudah aus, untuk menggantinya tak perlu ke bengkel. Iseng-iseng di hari libur, lakukan sendiri di rumah. Proses penggantian ini tak memerlukan perkakas khusus. Tanda pelat kopling aus gampang dideteksi. Masukkan gigi. Lantas coba putar grip gas untuk menaikan putaran mesin. Bila naik cepat, sedangkan kecepatan motor bergerak lambat, dipastikan kopling itu aus atau setelan koplingnya kurang pas.


CARA MEMPERBAIKI
Sebelum memutuskan untuk megganti pelat kopling, coba setel kabel pengoperasiannya lebih dulu. Setelannya berada di samping kanan mesin, dekat tuas rem belakang dan ditutup karet. Untuk menyetelnya, kendurkan mur pengucni dengan kunci 12. Lantas, baut diputar dengan obeng minus ke kanan. Jika cara ini berhasil, kopling mesti diganti.

Langkah mengganti kopling cukup panjang. Tapi, mudah kok pengerjaannya. Alat yang diperlukan, antara lain: kunci sok 10, 12, 17, kunci T8, obeng ketok plus, dan palu.
Langkahnya:
"Pasang standar tengah.
"Tap oli mesin dengan kunci 17. Tampung di tempat yang bersih kalau oli masih dianggap bagus. Atau ganti sekaligus kalau dianggap perlu.
"Lepas pedal starter dengan kunci 17.
"Buka ketujuh sekrup tutup mesin bagian kanan dengan obeng plus ketok. Perhatikan panjang setiap sekrupnya agar tidak salah waktu memasangnya kembali. Setelah itu, angkat tutup karter (rumah perseneling) secara perlahan (gambar 1).


"Buka keempat baut pelat penekan yang dilengkapi per kopling dengan kunci 8. Meski bisa dibuka dengan obeng ketok, hindari penggunaan alat ini, sebab dudukan mudah pata lantaran dibuat dari aluminium (gambar 2).


"Angakt keempat baut pernya dan rangkaian pelat kopling, serta pelat geseknya (gambar 3).


"Pasang kembali pelat kopling baru dengan cara selang-seling. Pelat kopling terlebih dahulu, lalu pelat gesek, dan seterusnya sampai semuanya terpasang (gambar 4). Sebelum memasang seluruh rangkaian pelat, ada baiknya lumuri setiap pelat dengan oli.


"Sebelum menutup kembali, cocokkan tanda panah yang ada pada pelat penekan dengan tanda di rumah kopling (gambar 5).


"Periksa kembali gasket sebelum memasang kembali tutup rumah perseneling.
"Rangkai kembali komponen-komponen yang dilepas dengan mengikuti langkah secara kebalikan.
    Semoga berhasil Mas bro...!!!

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar