Selasa, 08 November 2011

Yamaha Force 1: REM PAKEM DIGUYUR AIR

Minyak rem sangat berpengaruh pada jarak pengereman. Makin baik kualitasnya, makin paten dorongan kampasnya untuk menghentikan laju motor. Namun, karena kontinuitas dan masa pemakaian, mutunya bisa menurun. Makanya dianjurkan ganti cairan ini tiap 2 tahun sekali, atau sebelumnya jika memang sudah kotor. 
Kalau tidak tahu caranya, menurut mekanik dari Jakarta Barat, akibatnya bisa merusak sil rem. selain ada metode baku, pengurasan juga harus dibantu air agar hasilnya benar-benar bersih.


CUCI DULU
kerap menerima tekanan tiap tuas rem dioperasikan dan menghasilkan panas, minyak rem menjadi berubah. Selain itu, kemungkinan air atau debu menyelinap, makin memperburuk kualitas cairan ini dan fisiknya bisa diintip dilubang tabung reservoir. Kadang warnanya sudah tampak keruh. Tandanya, fluida penekanan piston di kaliper rem wajib diganti demi membuat kualitas rem kembali baik. Namun penggantian harus cepat. Mau tahu tahapannya? ikuti praktik di bawah ini.


Pertama, buka dulu tutup tabung reservoir minyak rem. Lepas kedua sekrupnya pakai obeng plus (gambar 1). Tujuannya agar udara bisa masuk, sehingga minyak rem bisa leluasa keluar. Lalu, buka pengikat antara selang rem dengan tabung. Supaya bisa lepas, perlu menggunakan kunci ring/ pas 12 mm (gambar 2). Kunci yang sama digunakan untuk membuka pengikat slang pada kalipernya. Namun perlu diingat, sebelum melepas slang, lilitkan kain persis dibawah pengikat yang akan dibuka. Itu menghindari tumpahnya minyak rem lama yang bisa merusak komponen lain atau mengotori lantai.


Sudah lepas selangnya? Giliran copot tabung reservoir dari setang. pada beberapa motor baut pengikatnya menggunakan baut 10 mm. Pada motor peragaan, pengikatnya pakai kunci L-5 mm. Sekarang baru proses pencucian tabung. Pakailah air dulu agar sisa minyak rem lama tak tercampur dengan yang baru. Benar-benar bersih!


Caranya, siramkan saja air, hingga tidak ada minyak rem yang tersisa (gambar 3). Tabung reservoir sudah bersih, selanjutnya slang rem. Ini lebih mudah, tinggal ditiup pakai kompresor (gambar 4). Lakukan sampai minyak benar-benar habis, tidak ada yang tertinggal di dalam slang. Pengurasan sisa minyak rem pada kaliper juga menggunakan air lewat lubang slang. Sebelumnya, buka nipel pembuangannya.


Jika sudah beres, pasang lagi slang dan tabung reservoir. Lalu,  isikan minyak rem baru sesuai spesifikasi  rekomendasi standar. Saat mengisi minyak rem baru, tekan tuas rem beberapa kali. Lalu, tahan sebentar, sambil membuka nipel pembuangan sedikit. Agar angin palsu yang berada di dalamnya bisa keluar. Ulangi terus hingga tuas terasa agak berat, pertanda sudah tidak ada angin palsu lagi. Sekarang tinggal tes remnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar