Selasa, 01 November 2011

Yamaha Crypton: SETEL KLEP TERATUR TARIKAN TAK KENDUR

Penyetelan klep Yamaha Crypton bermesin 4-langkah tak bisa sesukanya dilakukan. Menurut anjuran pabrik, harus dibawa ke bengkel setiap usai menempuh 4.000 km. Jika dibiarkan, niscaya kerja mesin bakal terganggu. Pasalnya semakin renggang celah katup masuk, debit bahan bakar yang masuk pun berkurang. Begitupula jika katub buangnya renggang, sisa pembakaran dalam silinder jadi susah dimuntahkan.

Untuk meyetel klep, peralatan yang perlu disiapkan: kunci pas 24, kunci ring sok 17, obeng kembang, dan pelat. Penyetelan celah katup harus dilakukan saat mesin dingin. Celah klep masuk 0,05 mm dan 0,08 mm katup buang.





  1. Buka sekrup dan baut pengikat penutup rangka berikut sayapnya.
  2. Lepas dua sekrup penutup sproket noken as dengan obeng kembang besar. Sulit? Gunakan obeng ketok.
  3. Buka penutup rotor magnet dan lubang intip tanda 'TOP' dengan obeng pelat (gambar 1).
  4. Buka dan cabut penutup klep masuk, buang dengan kunci pas 24 (gambar 2).
  5. Agar lebih mudah mengatur posisi TOP, buka dulu businya. Gunakan kunci sok 17 untuk memutar kruk-as ke arah kiri. Pastikan garis TOP pada rotor sejajar dengan garis penyelaras pada silinder. Caranya, begitu rotor diputar ke kiri akan ditemui garis pertama dan kedua pada lubang intip. Garis ketiga adalah TOP yang berdiri sendiri dari kedua garis tadi. Cara yang sama bisa dideteksi pada sproket noken as, posisinya harus sejajar dengan garis di kepala silinder (gambar 3).
  6. Setel celah klep masuk. Caranya, kendurkan secukupnya mur pelatuk ke arah kiri dengan kunci ring 8. Lantas, masukkan bilah pengukur (thickness gauge) 0,05 mm. Kencangkan penyetel katup dengan kunci khusus secukupnya sambil menarik ulur bilah pengukur (gambar 4) hingga terasa seret. Jika sudah pas, kencangkan mur pelatuk sambil menahan penyetelnya.
  7. Langkah yang sama bisa diterapkan untuk katup buang. Celahnya 0,08 mm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar