Rabu, 16 November 2011

CDI Yamaha Force-1: SEPUL KOMPETISI PENGAPIAN MUMPUNI

Yamaha Force-1 memang udah oke untuk diajak ngebut. Tetapi motor mania sering ngerasa kurang puas. Biar lebih ngacir, biasanya perlu doping. Anjuran seorang mekanik dari Kebon Jeruk, Jakarta Barat, pakailah sepul CDI kompetisi. Alat pendongkrak pengapian model begitu sudah banyak dijual.

HATI-HATI
Kepingin ikutan masang? Sebaiknya, pahami dulu kelebihan produk lokal ini. Sepul CDI ini dicetak padat dari bahan campuran plastik yang sangat kuat, tahan panas, dan tak mudah hubungan pendek. Efeknya, kerja pengapian yang dihasilkan juga lebih bagus dan api busi jadi besar. Biasanya sepul itu dipakai di motor yang sudah dikorek. Asyiknya, untuk memasang juga gampang. Namun harus hati-hati.


Sekarang, kalau sepulnya sudah dibeli, tinggal memasang. Sediakan alat kerja: obeng ketok, palu, kunci pas 12 dan 17, kunci L-10. Tahapannya, seperti berikut ini. Parkir dulu motot di tempat aman. Lalu, buka baut tuas perseneling dengan kunci 12 mm. Lanjutkan melepas tutup kipas di samping kiri motor. Caranya, kendurkan keempat baut pakai obeng ketok. Posisi bautnya, dua di depan satu di bawah dan satu di atas blok mesin (gambar 1). Kalau sudah, lepas kipas pendingin mesin. Kendurkan baut pengikat pakai obeng kembang. Lantas kendurkan baut magnet dengan kunci 17 mm, tarik hingga lepas.


Buka tutup magnet, gunakan obeng kembang untuk melepas 7 bautnya. Khusus pengikat bawah, fungsikan kunci L-10. Jangan lupa lepas soket kabel-kabel yang menempel (gambar 2). Ingat warna kabel yang dilepas, agar gampang dipasang lagi.


Langkah berikutnya, lepas sepul yang terdapat di balik tutup magnet. Stelah itu, giliran melepas CDI standar. Tetapi, potong dulu kabel yang terhubung ke sepul DCI aslinya. Stelah itu, baru ketok dudukan CDI pakai batang besi. Ingat, Lakukan hati-hati agar tidak merusak dudukan lapisan pelat kawat tembaga (gambar 3). Kalau merasa ragu, minta aja bantuan tukang bubut ubtuk melepasnya, sekaligus memasang sepul racing baru. Jangan lupa, sambung lagi kabelnya.



Awas, kabelnya jangan tertukar. Hijau setrip putih agak lebih panjang ada di posisi kanan. Lalu, hitam setrip merah ada di kiri (gambar 4). Agar sepul CDI itu nempel kuat, gunakan las titik di bagian bawahnya. Pastikan semua tersambung rapi. Akhirnya, tugas Anda selesai. Sekarang, tinggal memasang gulungan mganet beserta sepulnya ke tempat semula. Rangaki komponen yang sudah dilepas tadi pakai cara kebalikan waktu membuka. Jangan lupa, bersihkan juga kototran di tutup magnet dan kipas mesin.



Baru ngacir deh....!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar